Beri Kuliah Umum, Prof  Sugeng Kupas Peluang dan Tantangan Sarjana Teknik

  • Rabu, 12 September 2018 - 19:18:35 WIB | Di Baca : 3709 Kali

 

SeRiau - Sebanyak 969 mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Islam Riau (FT UIR) mengikuti kuliah umum, Rabu (12/9) di Gedung PKM UIR. Sebagai pemateri kuliah umum perdana mahasiswa semester pertama ini menghadirkan Prof.DR.Ir. Sugeng Wiyono. M.MT yang juga guru besar FT UIR.

Dekan Fakultas Teknik UIR H. Abdul Kudus Zaini.ST.MT saat membuka kuliah umum mengatakan kuliah umum fakultas teknik UIR semester pertama ini mengangkat tema" Peluang dan Tantangan Sarjana Teknik Kini dan Masa Datang". Diambilnya tema ini,kata Kudus, untuk melihat fenomena peluang apa saja dan tantangan kedepanya bagi sarjana teknik setelah menamatkan pendidikan di UIR." Ini tema yang bagus. Tema ini mengandung makna yang luas, bahwa peluang dan tantangan bagi adik mahasiswa yang kuliah di fakultas teknik. Kedepanya mau jadi apa. Ini yang akan di bahas dan dikupas oleh Pak Sugeng seorang guru besar FT UIR," kata Kudus, Rabu (12/9) di PKM UIR

Kudus berharap kuliah umum ini akan membuka cakrawala bagi mahasiswa FT UIR. Simak dan ikutilah apa yang disampaikan narasumber. Semoga apa yang di sampaikan narasumber akan bermanfaat bagi adik adik mahasiswa.

Sementara itu, Prof Sugeng Wiyono dihadapan 969 mahasiswa baru fakultas teknik UIR semester pertama mengatakan bahwa adik adik sudah tepat memilih jurusan teknik apakah itu jurusan sipil, perminyakan, geologi IT, mesin dan perencanaan wilayah kota (PWK) peluang kerja setelah menamatkan pendidikan cukup besar. 

Sugeng menyampaikan bahwa pelaung kerja dan tantangan sarjana teknik saat cukup besar. Hal ini dipengaruhi oleh letak provinsi Riau yang secara geografis sangat cukup strategis letaknya. Riau merupakan kawasan jalur transportasi internasional, perdagangan dan industri. Selain itu, Riau merupakan daerah yang pertumbuhan pembangunanya cukup tinggi di sumatera." Saat ini Riau masih membutuhkan pembangunan disegala bidang baik itu pembangunan gedung, jalan, listrik, energi dan lain  sebagainya. 

Pembangunnya ini membutuhkan sarjana teknik baik itu sipil, mesin, IT, geologi, perminyakan dan perencanaan wilayah kota. Semuanya itu membutuhkan orang ahli dibidangnya masing masing".kata Sugeng dihadapan mahasiswa.

Sugeng juga mengatakan tantangan yang dihadapi nanti yakni persaingan dengan tamatan lainya. Dalam berkompetisi, tamatan harus mempunyai 3 kemampuan yaitu, kemampuan dasar yang harus dikembangkan, kemampuan belajar, dan sikap yang baik. Ketiga kemampuan ini harus menjadi satu supaya kuat. Kalau punya keahlian, mau belajar, tapi sikap tidak baik, ya pasti tidak akan diterima untuk bekerja.

" Oleh karena itu sarjana, selain punya ijazah juga harus punya keahlian bisa ditandai dengan sertifikat keahlian. Jadi adik mahasiswa tidak salah memilih fakultas teknik karena peluang kerja kedepanya sangat besar. Kalau kita tidak mendapat pekerjaan ya kita bisa membuka lapangan kerja dengan keahlian yang kita milki," kata Sugeng yang  pernah menjabat wakil rektor IV ini. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar